Kamis, 05 November 2020

Semantic Network dalam Pembelajaran Kimia

 Pengertian Semantik  Secara etimologis, arti semantik berasal dari kata Yunani sema yang merupakan kata benda yang berarti 'tanda' atau 'simbol' dan samaino (kata kerja) yang memiliki arti "tanda" atau "melambangkan". Sedangkan istilah semantik dalam terminologi adalah studi tentang simbol atau tanda yang mengungkapkan makna, hubungan makna satu sama lain, dan hubungan antara kata-kata dengan konsep atau makna kata

Semantik Network adalah tehnik representasi dalam AI (artificial intelligence) klasik untuk informasi proposional, sehingga sering kali disebut sebagai poporsional network. Proposisi adalah pernyataan yang dapat bernilai benar atau salah dan merupakan bentuk pengetahuan deklaratif. Semantic network pertama kali dikembangkan untuk AI sebagai cara untuk mempresentasikan memory dan pemahaman bahasa manusia.

Semantik network terdiri dari simpul (NODE) dan busur (ARC). Simpul menyatakan objek, dan busur menyatakan links atau edge. Simpul digunakan untuk menggambarkan objek, konsep dan situasi yang ditunjukkan berupa lingkaran atau kotak, sedangkan busur digunakan untuk menyatakan hubungan antar simpul, ditunjukkan berupa tanda panah. Hubungan merupakan dasar penting dalam semantik network karena menyediakan struktur struktur dasar untuk pengorganisasian pengetahuan. Tanpa adanya hubungan, pengetahuan hanya menjadi kumpulan fakta yang tidak berelasi dan tidak ada artinya. Dengan hubungan, pengetahuan menjadi perpaduan struktur dengan pengetahuan lain yang dapat diambil kesimpulannya.

Semantic network ini adalah representasi yang bersifat :
Lexically, di dalamnya terdapat node(simpul), link dan batasan-batasan khusus dari permasalahan
Structurally, masing-masing link akan terkoneksi dari simpul yang paling depan(head node) sampai simpul yang paling belakang (tail node).
Semantically, semua simpul dan link merepretasikan permasalahan tetap berada dalam batasannya.

Berikut ini adalah contoh semantic network dalam pembelajaran kimia pada materi termokimia:









Permasalahan :
Menurut anda apakah semantic network yang telah saya buat diatas sudah efektif untuk proses pembelajaran? Silahkan beri kritik dan saran yang membangun mengenai semantic network yang telah saya buat.







7 komentar:

  1. Saya ingin menanggapi bahwa semantic network yang dibuat oleh aulia sudah cukup baik untuk pembelajaran jarak jauh. Untuk keefektifan dalam proses pembelajaran tergantung pada penjelasan dari semantic network yang telah dibuat serta bagaimana guru sebagai fasilitator menyampaikan dan membangkitkan motivasi belajar siswanya, dan menurut saya juga akan kurang efektif apabila penjelasan disetiap judul yang akan dibahas sangat minim. Harapannya untuk latihan soal diberikan pertanyaan yang bisa mengarahkan siswa berfikir tingkat tinggi, tidak hanya pada level bawah saja.

    BalasHapus
  2. menurut saya sudah baik, dapat efektif apabila memang benar-benar diterapkan seperti itu. hanya saja perlu ada perbaikan dan pengembangan lagi kedepannya. melihat dari respon siswa atau kesiapan siswa dalam belajar dengan menerapkan semantic network tersebut. tentu perlu ada penyesuaian dan perbaikan.

    BalasHapus
  3. Menurut saya semantic network yang telah anda buat sudah sangat menarik karena sudah dilengkapi dengan video pembelajaran, virtual lab dan quiz untuk evaluasinya. Pada semantic network yang anda buat juga sudah saling terkait antara 1 sub dengan sub materi lainnya sehingga menunjukkan network atau hubungan dari materi tersebut. Ada baiknya pada setiap slide yang sudah di linkkan ditambahkan menu atau link untuk langsung kembali menuju ke Concept Maps nya.

    BalasHapus
  4. Menurut saya semantic network yang telah anda buat sudah sangat baik, semua materi sudah terangkum dengan lengkap dan dilengkapi dengan virtual lab dan video pembelajaran. Untuk keefektifannya tergantung pada penerapannya dikelas. apakah guru menyampaikan materi dengan baik dan sesuai dengan semantic network tersebut. Jika penyampaian materi terlalu ringkas maka akan mengakibatkan siswa memperoleh pembelajaran yang sedikit mengenai materi tersebut

    BalasHapus
  5. jika dilihat saja ssemantik yang ada buat ini sudah cukup bagus, anamun apabila menyanyakan keefektifannya, maka disini bukan hanya variabel semantik saja yang menunjang keberhasilan suatu pembelajaran, tapi juga dibarengi dengan penjelasan penjelasan dari sang guru agar menambah wawasan siswa

    BalasHapus
  6. Menurut saya desain yang aulia buat cukup baik digunakan untuk pembelajaran siswa. Saran saya dapat anda tambahkan keterampilan/kemampuan apa yang ingin anda kembangkan untuk siswa anda dan juga lebih ditambahkan latihan soal yang bisa mengarahkan siswa berfikir tingkat tinggi pada semantic networknya agar lebih menambah wawasan siswa

    BalasHapus
  7. menurut saya semantic network yang di buat sudah bisa efektif dilakukan tidak hanya untuk masa yang akan datang melainkan pada saat ini, namun, jika boleh memberi saran sebaiknya coba dikembangkan lagi untuk implikasi materi pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari dan bagaimana jika siswa diajak untuk learning by environment (belajar berbasis lingkungan) dengan demikian makna pembelajarannya akan lebih tertanam kuat

    BalasHapus