Abad 21 dapat dikatakan sebagai abad pengetahuan – sebuah abad yang ditandai dengan terjadinya transformasi besar-besaran dari masyarakat agraris menuju masyarakat industri dan berlanjut ke masyarakat berpengetahuan. Di tengah ketatnya ketidakpastian dan tantangan yang dihadapi setiap orang inilah, maka dibutuhkan perubahan paradigma dalam sistem pendidikan yang harus dapat menyediakan seperangkat keterampilan abad 21 yang dibutuhkan oleh peserta didik guna menghadapi setiap aspek kehidupan global. Jadi, tujuan dari pendidikan abad 21 adalah mendorong peserta didik agar menguasai keterampilan-keterampilan abad 21 yang penting dan berguna bagi mereka agar lebih responsif terhadap perubahan dan perkembangan zaman.
Di abad ke-21 ini, pembelajaran tidak hanya terfokus pada kemampuan kognitif, namun juga mencakup sejumlah keterampilan personal dan sosial. Keterampilan tersebut dikenal dengan istilah 4C yaitu Critical thinking, Creative thinking, Collaboration dan Communication.
1) Critical thinking
Tujuan utama dari kemampuan berpikir kritis (critical thinking) adalah mengarahkan peserta didik untuk dapat menyelesaikan masalah dan melatih peserta didik untuk mencari kebenaran dari setiap informasi yang didapat. Keterampilan ini sangat diperlukan untuk mengatasi dampak negatif dari akses informasi yang tak terbatas di abad 21.
2) Creative thinking
Creative thinking atau kreativitas dapat dimaknai sebagai kemampuan berpikir “out of the box” tanpa dibatasi aturan yang cenderung mengikat. Peserta didik yang memiliki kreativitas tinggi mampu berpikir dan melihat suatu masalah dari berbagai sudut pandang atau perspektif. Sehingga, mereka akan berpikir lebih terbuka dalam menyelesaikan masalah.
3) Collaboration
Collaboration adalah keterampilan bekerjasama dengan orang lain dalam satu kelompok guna mencapai tujuan yang ditetapkan bersama. Aktivitas ini penting diterapkan dalam proses pembelajaran agar peserta didik mampu dan siap bekerjasama dengan siapa saja dalam kehidupannya mendatang. Ketika berkolaborasi bersama orang lain, peserta didik akan terlatih untuk mengembangkan solusi terbaik yang dapat diterima oleh semua orang dalam kelompoknya.
4) Communication
Communication atau keterampilan berkomunikasi dimaknai sebagai kemampuan peserta didik dalam menyampaikan ide dan pemikirannya secara cepat, jelas dan efektif. Seperti kemampuan berbahasa yang tepat sasaran, kemampuan memahami konteks, dan kemampuan membaca pendengar untuk memastikan pesannya tersampaikan.
Untuk mampu mengembangkan pembelajaran abad 21 ini ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan yaitu antara lain :
1. Tugas Utama Guru Sebagai Perencana Pembelajaran
Sebagai fasilitator dan pengelola kelas maka tugas guru yang penting adalah dalam pembuatan RPP. RPP haruslah baik dan detil dan mampu menjelaskan semua proses yang akan terjadi dalam kelas termasuk proses penilaian dan target yang ingin dicapai. Dalam menyusun RPP, guru harus mampu mengkombinasikan antara target yang diminta dalam kurikulum nasional, pengembangan kecakapan abad 21 atau karakter nasional serta pemanfaatan teknologi dalam kelas.
2. Masukkan unsur Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking)
Teknologi dalam hal ini khususnya internet akan sangat memudahkan siswa untuk memperoleh informasi dan jawaban dari persoalan yang disampaikan oleh guru. Untuk permasalahan yang bersifat pengetahuan dan pemahaman bisa dicari solusinya dengan sangat mudah dan ada kecenderungan bahwa siswa hanya menjadi pengumpul informasi. Guru harus mampu memberikan tugas di tingkat aplikasi, analisa, evaluasi dan kreasi, hal ini akan mendorong siswa untuk berpikir kritis dan membaca informasi yang mereka kumpulkan sebelum menyelasikan tugas dari guru.
3. Penerapan pola pendekatan dan model pembelajaran yang bervariasi
Beberapa pendekatan pembelajaran seperti pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning), pembelajaran berbasis keingintahuan (Inquiry Based Learning) serta model pembelajaran silang (jigsaw) maupun model kelas terbalik (Flipped Classroom) dapat diterapkan oleh guru untuk memperkaya pengalaman belajar siswa (Learning Experience). Satu hal yang perlu dipahami bahwa siswa harus mengerti dan memahami hubungan antara ilmu yang dipelajari di sekolah dengan kehidupan nyata, siswa harus mampu menerapkan ilmunya untuk mencari solusi permasalahan dalam kehidupan nyata.
4. Integrasi Teknologi
Sekolah dimana siswa dan guru mempunyai akses teknologi yang baik harus mampu memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran, siswa harus terbiasa bekerja dengan teknologi seperti layaknya orang yang bekerja. Seringkali guru mengeluhkan mengenai fasilitas teknologi yang belum mereka miliki, satu hal saja bahwa pengembangan pembelajaran abad 21 bisa dilakukan tanpa unsur teknologi, yang terpenting adalah guru yang baik yang bisa mengembangkan proses pembelajaran yang aktif dan kolaboratif, namun tentu saja guru harus berusaha untuk menguasai teknologinya terlebih dahulu. Hal yang paling mendasar yang harus diingat bahwasannya teknologi tidak akan menjadi alat bantu yang baik dan kuat apabila pola pembelajarannya masih tradisional. Dirumuskan empat prinsip yang dikenal sebagai empat pilar pendidikan yaitu learning to know, learning to do, learning to be dan learning to live together. Kerangka pemikiran ini dirasa masih relevan dengan kepentingan pendidikan saat ini dan dapat dikembangkan sesuai dengan keperluan di abad ke-21.
Contoh proses pembelajaran kimia abad 21
Contoh pembelajaran yg ditampilkan sudah cukup baik, hanya saja perlu ada perbaikan mengenai kreativitas yang perlu lebih di munculkan lagi karena masih belum terlihat
BalasHapusterimakasih atas saran perbaikan dari saudari Nur Azlina. Memang dari video tersebut belum memunculkan salah satu kemampuan 4C yakni creative thinking
HapusContoh pembelajaran abad 21 yang telah diberikan sudah cukup baik, namun saya setuju dengan saudari lili bahwa aspek kreativitasnya lebih dimunculkan lagi, dan pada penayangan video di dalam contoh yang anda buat tersebut sebaiknya guru sambil memberikan penjelasan ataupun umpan pertanyaan kepada siswa agar siswa dapat berpikir kritis mengenai pertanyaan dari video yang telah ditampilkan guru.
BalasHapus